BITCOIN APA?


                Setelah saya menulis tentang Criptocurreny, sekarang saya ingin menulis salah satu contoh Kripto yang paling terkenal atau bisa dibilang “Sesepuh” dalam bidang cryptocurreny yaitu Bitcoin. Dalam artikel sebelumnya saya telah menyidir sedikit tentang kripto ini, dan sekarang saya ingin menjelaskannya lebih lanjut. 

  • Apa itu Bitcoin? 

                Bitcoin adalah sebuah mata uang digital atau Criptocurrency yang Awal mulanya Bitcoin belum dihargai seperti sekarang yang harganya mencapai sekitar Rp 59.000.000 (8 Oktober 2017), hal ini membuktikan bahwa Bitcoin saat ini telah menjadi mata uang digital yang digunakan secara internasional. Bahkan saat ini, di Indonesia pun khususnya daerah Bali telah disediakan ATM untuk Bitcoin sendiri yang memudahkan dalam pencairan ke dalam Rupiah bagi para penduduk lokal maupun turis wisata asing.

  • Dimana Bitcoin disimpan?

                Untuk penyimpanan Bitcoin kita memerlukan sebuah Wallet (Dompet) untuk menampungnya. Saat ini sudah banyak yang menyediakan Wallet untuk Bitcoin maupun Cripto lain. Adapun Wallet yang disimpan online (cloud) maupun offline yang berarti disimpan perangkat pribadi (PC/Laptop).

  • Cara mendapat Bitcoin?

1.       Membeli di exchager
2.       Trading
3.       Faucet
4.       Giveaway
5.       Mining
6.       Cloud Mining


INVESTASI DI BITCOIN?

Selain untuk digunakan pembelian atau pembayaran suatu barang/jasa, dengan menyimpan Bitcoin pun kita bisa dibilang Investasi untuk masa depan. Kenapa dikatakan Investasi, karena harga Bitcoin dalam beberapa tahun kedepan kemungkinan akan terus naik harganya. Lihat saja harga Bitcoin saat bulan Januari 2017 harga 1 Bitcoin = ± Rp 13.000.000, sedangkan saat ini (8 Oktober 2017) harga 1 Bitcoin = ± Rp 59.000.000. Hanya dalam hitungan bulan (7 bulan) harga Bitcoin naik sekitar 4,5%, nah bukankah itu sebuah kenaikan yang sangat besar bagi sebuah mata uang digital.


TAPI,
Apabila harga Cripto naik, maka harganya pun bisa turun secara drastis. Sebelumnya  harga Bitcoin sempat turun dari Rp 60.000.000 ke harga Rp 49.000.000. Kenapa turun? Karena ada sebuah berita yang membuat para pemakai Criptocurrency panik dengan hal itu yaitu dilarangnya Perdagangan Bitcoin dan Cripto lainnya di negara Cina. Kesimpulannya, walaupun Bitcoin bisa digunakan sebagai Investasi, kita juga harus memantau Bitcoin agar tidak mengalami kerugian saat harga turun drastis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LITECOIN APA?

DOGECOIN APA?